Contoh Makalah “Sistem Liberal dan Pemilu

  1. Latar Belakang

Pemilihan umum (pemilu) merupakan salah satu sarana demokrasi. Pesta demokrasi yang merupakan perwujudan tatanan kehidupan negara dan masyarakat yang berkedaulatan rakyat, pemerintahan dari dan untuk rakyat. Melalui pemilu, setidaknya dapat dicapai tiga hal. Pertama, lewat pemilu kita dapat menguji hak – hak politik rakyat secara masif dan serempak. Kedua, melalui pemilu kita dapat berharap terjadinya proses rekrutmen politik secara adil, terbuka, dan kompetitif. Ketiga, dari pemilihan umum kita menginginkan adanya pola pergiliran kekuasaan yang damai.

Pemilu di Indonesia pada awalnya ditujukan untuk memilih anggota lembaga perwakilan, yaitu DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Namun, setelah amandemen keempat UUD 1945 pada 2002, pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres), yang semula dilakukan oleh MPR, disepakati untuk dilakukan langsung oleh rakyat sehingga pilpres pun dimasukkan ke dalam rezim pemilu. Pilpres sebagai bagian dari pemilu diadakan pertama kali pada Pemilu 2004. Pada 2007, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007, pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) juga dimasukkan sebagai bagian dari rezim pemilu.

 

  1. Rumusan Masalah

Beberapa cakupan  materi yang akan dibahas dalam system pemilu diantaranya adalah :

  1. Apa pengertian pemilu ?
  2. Bagaimana sejarah pemilu ?
  3. Apa saja asas – asas pemilu ?
  4. Bagaimana Proses terjadinya pemilu di Indonesia ?
  5. Apa saja syarat dalam pemilu ?
  6. Apa manfaat dari diadakannya pemilu ?

 

  1. Model Pembelajaran

Metode : Saintifik

Model : pembelajaran kooferatif

 

 

  1. Pelaksanaan pembelajaran
  2. kegiatan pendahuluan (10 menit)

1)  Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.

2) Guru mengabsen dan memperhatikan kesiapan siswa dan mengkondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

3) Guru menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu kompetensi tentang sistem pemilu di Indonesia

4) Guru memotivasi siswa.

5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.

6) Guru menyampaikan lingkup penilaian.

6) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.

  1. Kegiatan Inti (30 menit)
  2. Mengamati
  3. Peserta didik diminta mengamati salah satu foto mengenai pemilu di Indonesia.
  4. Berdasarkan hasil pengamatan gambar system pemilu di Indonesia, peserta didik diminta mendiskusikan didalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Contoh: bagaimana terjadinya pemilu di Indonesia ?
  5. Peserta didik  didiajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika belum dengan panduan guru, peserta didik diminta untuk memperbaiki.
  6. Jika hal-hal yang ingin diketahui belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.
  7. Menanya
  8. Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan pada gambar kegiatan pemilu. Salah satu peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
  9. Mengumpulkan Data/Informasi

Peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti: membaca Buku Siswa, mencari di Internet atau membaca buku di perpustakaan .

  1. Mengasosiasi dan menarik kesimpulan
  2. Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan (menyempurnakan jawaban sementara yang telah dirumuskan dalam kelompok)
  3. Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
  4. Mengkomunikasikan
  5. Peserta didik serta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
  6. Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi.

 

  1. Penutup
  • Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
  • Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
  • Peserta didik diberi tugas untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
  • Peserta didik diberi tugas untuk membaca dan mengerjakan materi pada subtema berikutnya.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa
  1. DAFTAR PUSTAKA

“Makalah Pemilu di Indonesia”. Banyu Group. 03 Maret 2016

<http://banyugroup.blogspot.co.id/2016/03/makalah-pemilu-di-indonesia.html>

“Pemilu”. Sofiani. 14 Mei 2015

http://cunseondeok.blogspot.co.id/2015/05/pemilu.html

 

Silahkan klik => Contoh artikel dan Surat Lainnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s